Mengubah Internal Link HTTP ke HTTPS Otomatis

Tutorial tentang cara mengubah Internal Link HTTP ke HTTPS otomatis di dalam artikel menggunakan plugin Update URLs

Hari saya tiba-tiba menjadi kurang menyenangkan setelah mendapat laporan dari ahrefs — Tools audit websites paling lengkap — bahwa kesehatan situs saya tidak mencapai 100. Itu disebabkan oleh eror yang disebabkan HTTPS page has internal links to HTTP.

Mari kita bahas lebih mendetail tentang salah satu kesalahan yang menyebabkan websites kita memperoleh nilai buruk tersebut.

Jenis kesalahan HTTPS page has internal links to HTTP muncul karena terdapat halaman HTTPS yang memiliki tautan internal HTTP.

Terjadi ketika kita sudah menerapkan sistem keamanan HTTPS di websites namun masih menyimpan jenis link HTTP di dalam artikel maupun halaman atau gambar. Sebenarnya kasus ini lumrah terjadi jika Anda telah menjadi blogger puluhan tahun dan memiliki banyak artikel.

Hal ini juga umum terjadi apabila anda baru saja melakukan migrasi dari blogspot ke ke wordpress. Tautan (link) yang dahulu pernah dibuat tanpa ketelitian akan meninggalkan bekas HTTP di dalam artikel.

Coba perhatikan cuplikan gambar yang saya ambil dari Ahrefs ini

internal link http to https
Tangkapan layar laporan Ahrefs untuk situs mastrigus.com

Gambar di atas telah menunjukkan beberapa target URL internal yang mengarah ke url HTTP. URL asli yang dipakai websites adalah http://192.168.0.5:8101/ namun di dalam artikel ada target url ke http://192.168.0.5:8101. Inilah yang menyebabkan terjadinya error.

Supaya bisa memperbaiki kesalahan tersebut, kita harus mengubah semua link berawalan HTTP menjadi HTTPS, Bayangkan jika ada ribuan link HTTPS tanpa sengaja ada di dalam websites kita, tentu saja mengubahnya adalah hal yang membosankan.

Sederhananya, kita bisa mengubah artikel yang memiliki awalan link HTTP menjadi HTTPS secara manual di dalam artikel. Jika artikel yang dimiliki sedikit, itu tidak menjadi soal, namun jika artikelnya ratusan bahkan ribuan, ini akan menjadi pekerjaan lama.

Sayangnya, jika kita memakai platform blogspot, tidak ada yang bisa dilakukan selain mengubah link di dalam artikel satu persatu, seperti ketika saya mengubah HTML menjadi AMP HTML dahulu, terpaksa saya mengubah 750 postingan non AMP menjadi AMP, itu saya kerjakan selama 1 bulan.

Namun jika memakai platform WordPress, kita bisa menggunakan cara otomatis yang lebih praktis dan hemat waktu. Dan inilah salah satu kelebihan WordPress yang tidak ada di Blogspot.

Menggunakan Plugin Update URLs

Plugin Update URLs ini adalah cabang dari plugin Velvet Blues Update URLS, dibuat oleh KaizenCoders karena menilai bahwa plugin velvet tidak dipelihara secara aktif dan tidak diuji dengan versi terbaru WordPress. Keputusan Kaizen sangat benar karena keberadaan plugin ini sangat membantu para Blogger.

Saya sudah memakainya sendiri dan terbukti ampuh mengubah link hidup di dalam artikel secara massal (bulk editing). Artikel ini saya buat karena merasa puas dan ingin berterima kasih kepada KaizenCoders.

Fitur Plugin Update URLs

Ada beberapa keuntungan ketika memakai plugin ini, Anda perlu berterima kasih kepada developer karena telah membuat plugin ini.

  • Plugin ini gratis
  • Kita dapat memilih untuk memperbarui tautan yang disematkan dalam konten, kutipan, atau bidang khusus secara massal.
  • Kita dapat memilih apakah akan memperbarui tautan untuk lampiran
  • Kita dapat melihat berapa banyak item yang telah diperbarui
  • Opsi yang dapat dipilih untuk memperbarui URLs:
    • URL dalam konten halaman (posting, halaman, jenis posting khusus, revisi)
    • URL dalam kutipan
    • URL dalam tautan
    • URL untuk lampiran ( gambar, dokumen, media umum )
    • URL di bidang khusus dan kotak meta
    • Perbarui SEMUA GUID

Cara Instal dan Cara Pemakaian Plugin Update URLs

Tidak perlu saya jelaskan tentang bagaimana cara menginstal plugin WP, semua memakai cara yang sama. Namun untuk pemakaian plugin ini, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan.

Setelah instal, kemudian aktivasi dan lihat tool di menu peralatan (tools), kemudian klik Update URLs. Anda akan di bawa ke halaman seperti ini.

otomatis mengubah http ke https di dalam artikel
Tangkapan layar plugin Update URLs dari mastrigus.com

Step by Step

  1. Di dalam kolom Old URL, ketik URL lama yang akan diganti, anda bisa mengetahui internal link errors di layanan Ahrefs atau lainnya. Dalam kasus saya URL yang error adalah http://192.168.0.5:8101;
  2. Di dalam kotak New URL, ketik URL pengganti yang akan mengubah seluruh URL yang error, dalam kasus saya berisi http://192.168.0.5:8101. Mohon untuk hati-hati ketika menginput, pastikan benar;
  3. Centang semua kolom pilihan untuk mengganti URL lama ke URL baru secara massal.
  4. Setelah itu klik Update URLs NOW.
  5. Tunggu hingga ada laporan berapa jumlah URL yang telah diperbarui.

Study Case Plugin Update URLs

Jika yang Anda lakukan benar, dashboard akan menampilkan laporan seperti gambar di bawa ini. Terdapat laporan berapa URL yang telah diperbarui.

laporan jika sudah benar
Plugin Update URLs berhasil memperbaiki URL

Namun jika muncul keterangan seperti ini:

ERROR: Something may have gone wrong.
Your URLs have not been updated.

Results
0 Content Items (Posts, Pages, Custom Post Types, Revisions)
0 Excerpts
0 Links
0 Attachments
0 Custom Fields
0 GUIDs

Why do the results show 0 URLs updated?
This happens if a URL is incorrect OR if it is not found in the content. Check your URLs and try again.

Artinya terdapat kesalahan bahwa URL di kolom Old URL tidak ditemukan, bisa jadi karena Anda salah menginput URLnya.

error something may have gone wrong yout URLs have not been updated
Mengubah Internal Link HTTP ke HTTPS Otomatis 6

Tidak perlu khawatir, karena itu hanyalah pesan kesalahan atas URL yang tidak ditemukan. Sekali lagi periksa URL lama yang akan Anda ganti.

Sekian artikel Mengubah Internal Link HTTP ke HTTPS Otomatis semoga dapat membantu.

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan