Benarkah Usia Domain Mempengaruhi Peringkat Websites

Banyak yang percaya bahwa usia domain merupakan faktor peringkat penting dalam SEO

Usia domain adalah salah satu faktor yang sering dibahas dalam dunia SEO. Banyak yang percaya bahwa usia domain merupakan faktor peringkat yang penting, karena domain yang lebih tua lebih cenderung memiliki konten yang berkualitas dan relevan.

Namun, Google telah membantah klaim tersebut. Pada tahun 2019 lalu, Jhon Mueller seorang pakar dari Google menyatakan bahwa usia domain bukan menjadi faktor peringkat yang penting. Pernyataan melalui X (dulu Twitter) tersebut baru-baru ini ditegaskan kembali oleh Jhon.

“Does the age of a domain name impact Google search rankings?” Tanya Daniel Chisca di X.

Kemudian di Jawab Jhon Mueller

“Primarily those who want to sell you aged domains :-)”

SEO Percaya Usia Domain Penting

Google menerbitkan sebuah paten yang menjelaskan bagaimana Google menggunakan data usia domain untuk mendeteksi domain yang digunakan oleh spammer. Spammer sering menggunakan domain yang baru dibuat untuk menghindari pendeteksian oleh mesin pencari.

Paten tersebut menjelaskan bahwa Google menggunakan data usia domain untuk menentukan apakah domain tersebut memiliki reputasi yang baik atau tidak. Domain yang lebih tua dan memiliki reputasi yang baik akan lebih sulit untuk diidentifikasi sebagai spam.

Berdasarkan paten tersebut, banyak SEO yang percaya bahwa usia domain merupakan faktor peringkat yang penting. Mereka berpendapat bahwa domain yang lebih tua lebih cenderung memiliki konten yang berkualitas dan relevan, sehingga memiliki reputasi yang baik.

Google Membantah Anggapan Tersebut

Namun, Google telah membantah klaim tersebut. Pada tahun 2023 ini, Google merilis sebuah postingan blog yang menyatakan bahwa usia domain tidak lagi menjadi faktor peringkat yang penting.

Postingan blog tersebut menjelaskan bahwa Google sekarang menggunakan berbagai faktor untuk menentukan peringkat situs web, termasuk kualitas konten, relevansi, dan popularitas. Usia domain tidak termasuk dalam faktor-faktor tersebut.

Google menyatakan bahwa mereka tidak lagi menggunakan data usia domain untuk mendeteksi spam. Google juga menyatakan bahwa mereka tidak memiliki bukti bahwa usia domain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peringkat.

Penelitian Tentang Pemgaruh Usia Domain

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji pengaruh usia domain terhadap peringkat. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa usia domain tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peringkat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Moz pada tahun 2014 menemukan bahwa usia domain tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peringkat dalam hasil pencarian Google. Penelitian tersebut menemukan bahwa peringkat situs web yang berusia 1 tahun sama dengan peringkat situs web yang berusia 10 tahun.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Ahrefs pada tahun 2022 menemukan bahwa usia domain tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peringkat dalam hasil pencarian Google. Penelitian tersebut menemukan bahwa peringkat situs web yang berusia 1 tahun sama dengan peringkat situs web yang berusia 10 tahun.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan Google dan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa usia domain tidak lagi menjadi faktor peringkat yang penting di Google. Faktor-faktor lain, seperti kualitas konten, relevansi, dan popularitas, lebih penting untuk menentukan peringkat situs web.

Jadi, jika Anda ingin membuat situs web yang memiliki peringkat yang baik di mesin pencari, fokuslah pada kualitas konten, relevansi, dan popularitas. Usia domain bukanlah faktor yang perlu Anda khawatirkan.

Tips untuk Meningkatkan Peringkat Situs Web

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan peringkat situs web Anda, terlepas dari usia domain Anda:

  • Buat konten yang berkualitas dan relevan dengan kata kunci yang ingin Anda peringkatkan.
  • Pastikan konten Anda dioptimasi dengan baik untuk kata kunci tersebut.
  • Dapatkan backlink dari situs web yang berkualitas dan relevan.
  • Promosikan situs web Anda melalui berbagai saluran.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari, terlepas dari usia domain Anda.

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan