Untuk urusan memakai Operating System atau disingkat OS, khusus garapan microsoft, saya sudah hanya sempat pernah memakai windows XP, Windows 7, Windows 8 dan 8.1, dan yang terakhir windows 10, baik versi beta maupun versi windows 10 anniversary. Jadi sedikit banyak saya tahulah mana kelebihan dan kekurangan masing~masing.
Nah karena kita sudah berada di tahun 2017, rasanya gimana gitu kalau membahas masalah windows XP, meski membahas windows 7 pun belum sepenuhnya dikatakan expired, namun saya merasa menjadi menusia kekinian jika memaksa diri untuk membahas windows 10.
Windows 10, berhasil saya tanam di laptop merk Acer tipe Aspire 4741G. Laptop saya yang sudah memiliki kapasitas RAM 4 GB berkat hasil dari upgrade ini mampu menjinakan windows 10 dengan sangat baik. Terbukti, meski tidak secepat kilat ketika saya menanamkan windows XP, namun untuk performance windows 10 bisa dikatakan uajib.
Itu karena tampilan 10 sengaja menyuguhkan tampilan didesain yang menjadi eye catching dan penuh warna. Bagi pemakai komputer yang spesifikasinyaa mirip~mirip dengan laptop saya, ada bainya memakai windows 10.
Namun, untuk urusan kecepatan Operating System ketika digunakan, sebenarnya sangat ditentukan oleh spesifikasi komputer itu sendiri. Jadi jangan nggabyek dan keras kepala ya guys, kamu harus tetap memperhatikan laptop kamu.
Memang sebagian pemakai windows 10 mengeluhkan performance, alasannya macam~macam, ada yang windows 10 lemot, windows 10 tidak langsung merespon atau apalah itu. Ya namanya buatan manusia pasti ada masalah, namun bagi orang yang keren, masalah bukanlah penghalang untuk bisa memakai windows 10 dengan normal.
Oke guys, dari pelbagai masalah yang kalian temui, saya hanya akan membahas masalah lemotnya windows 10. Jadi kalau kamu menemui kendala windows 10 yangs ering restart sendiri, mohon maaf, tidak akan kalian temukan sendiri.
Cara Optimasi Windows 10 Supaya Lebih Ringan
1.] Uninstall Software yang sudah tidak terpakai
Nuh guys, melakukan instalasi aplikasi yang tidak terlalu penting buat kamu juga bisa dibilang mubadzir, ketimbang seperti itu kan lebih baik jadi mubadok, hahaha. Maksud daru uninsta program yang tidak penting ini adalah, kamu harus kuat untuk tidak mempertahankan aplikasi yang kegunaanya misal hanya setahun sekali. Atau aplikasi yang benar~benar tidak kamu butuhkan disetiap harinya. Sudah tahu caranya apa belum?
Oke silakan KLIK KANAN di START pilih CONTROL PANEL pilih PROGRAM, nah silakan klik dua kali aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Maksudnya tidak dibutuhkan adalah, kamu tidak memerlukan aplikasi itu di setiap harinya.
2.] Disable Fitur Shadows & Animation
Fitur shadow memang membuat tampilan windows 10 lebih kece, sedangkan animation membuat windows 10 lebih bergaya saat kita gunakan. Tapi itu akan menjadi kekurangan jika spesifikasi laptop kita tidak memadahi. Maka salah satu jalan supaya performance komputer yang kita gunakan tetap stabil, ada baiknya melakukan disable pada fitur shadows & animation. Soalnya mah kalau menimbang dari sisi manfaat, menurut saya tidak perlu.
Caranya adalah: Klik kanan pada Start Button ~ Pilih System ~ Kemudian Klik "Advanced system settings" dan klik tab Advanced. ~ Klik Settings button under Performance ~ Klik Adjust for best Performance atau custom ~ klik OK
Selanjutnya jika memilih custom, centang pada boks list sesuai gambar di bawah ini


