Fungsi Rumus SUMIF di Microsoft Excel 2013

Rumus SUMIF adalah formula excel yang berfungsi untuk menjumlahkan data numerik (angka) pada suatu range dengan kriteria yang telah ditetapkan, Sumif termasuk kedalam golongan formula Math & Trig.

SUMIF lebih dikenal sebagai rumus gabungan antara rumus SUM (penjumlahan) dan IF (jika) keduanya juga termasuk kedalam formula Math & Trig, jika dipahami SUMIF berbicara tentang “jumlahkan jika”, jumlah total yang dihasilkan bersyarat.

Cara Menggunakan Rumus IF di Microsoft Excel 2013

FUNGSI RUMUS SUMIF MICROSOFT EXCEL 2013

Secara umum penulisan rumus SUMIF seperti ini =SUMIF(RANGE;CRITERIA;SUM_RANGE), untuk memudahkan dalam memahami rumus ini perhatikan contoh kasus pada tabel dibawah ini:

Seedbacklink affiliate

CONTOH:
Dari table dibawah ini, berapa jumlah total nilai penjualan dari wilayah Bandung?

Fungsi Rumus SUMIF di Microsoft Excel 2013

Mari kita kerjakan table diatas dengan menggunakan rumus SUMIF, dari table di atas kita disuruh untuk mencari tau berapa nilai total penjualan dari wilayah Bandung, tabel dibawah ini akan menjelaskan secara detail

Fungsi Rumus SUMIF di Microsoft Excel 2013

Dari tabel diatas saya rasa sudah dapat dipahami dengan mudah, dari pertanyaannya sudah dapat terjawab bahwa nilai total penjualan dari wilayah bandung adalah 340.000.000, sebenarnya untuk Criteria bisa di buat otomatis dari nama-nama keseluruhan wilayah, cara ini menggunakan fungsi Data Validation, sehingga kita tidak perlu menulisnya secara manual. nah untuk artikel selanjutnya saya akan bahas hal itu.

Seedbacklink affiliate

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan Rumus SUM di Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang belum dimengerti silahkan bertanya dikolom komentar dibawah.

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan