Cara Mengatasi Kejang Demam Dengan Mudah

Halo pembaca setia blog mastrigus.com kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Cara Mengatasi Kejang Demam Dengan Mudah, ketika anak kita sakit pastilah pikiran kuatir dan sebagainya menjadi hal yang akan dialami Anda oleh orang tua. Terlabih lagi jika anak Anda mengalami demam yang tinggi dan disertai dengan kejang – kejang. Kejang – kejang saat demam biasa terjadi pada sebagian anak, sebanyak 5% anak usaia 6 bulansampai 6 tahun sering mengalami hal ini, apalagi jika orangtua memiliki riwayat serupa jadi bisa disimpulkan ini juga termasuk penyakit genetik. Saat anak mengalami kejang – kejang saat demam tentu akan membuat Anda sebagai orang tua panik dan khawatir. Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Seedbacklink affiliate

Cara Mengatasi Kejang Demam Dengan Mudah

Kejang demam adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika seorang bayi atau anak mengalami demam yang disebabkan bukan oleh gangguan sistem saraf pusat. Kejang demam pada anak perlu mendapat perhatian lebih karena kejang – kejang dapat terjadi berkali kali dan dapat membahayakan. Apabila kejang terjadi dengan intensitas yang sering, maka segeralah periksakan kedokter, karena jika dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan keruskan sel otka.

Jenis – jenis Kejang Demam

Berdasarkan intensitasnya kejang demam dapat kita bedakan menjadi :

  • Kejang Demam Sederhana, yaitu kejang yang terjadi paling lama 10 menit dan bukan selama 24 jam.
  • Kejang Demam Kompleks, Kejang yang biasa terjadi pada area lengan dan tungkai kaki
  • Kejang Kompleks dapat terjadi selama 10 menit atau berulang kali selama 24 jam.

Apakah Anak Saya Kejang Demam?

Apabila Anda menduga anak mengalami kejang, untuk memastikannya dapat dicoba dengan melakukan hal ini:

Jika anak dalam posisi lengan tertekuk pada siku, maka dengan perlahan coba luruskan lengan anak. Jika lengan dengan mudah dapat diluruskan berati anak tidak mengalami kejang.

Seedbacklink affiliate

Jika anak dalam posisi lengan lurus, maka coba secara perlahan tekuk lengan anak. Jika dengan mudah dapat ditekuk berarti anak tidak mengalami kejang.

Sebaliknya, jika lengan sulit diluruskan atau sulit untuk ditekuk, kemungkinan besar anak mengalami kejang.

Tips Hadapi Kejang Demam

Berikut ini beberapa tips yang sudah terbukti untuk menghadapi anak kejang:

Panik adalah hal yang akan dialami jika orangtua anak mereka mengalami kejang. Namun, kepanikan tidak membuat keadaan lebih baik. Untuk menghadapi anak yang mengalami kejang, lakukan hal berikut:

  1. Tenangkan diri Anda. 
  2. Jika anak dalam posisi tidur telentang, miringkan tubuh anak ke salah satu sisi. 
  3. Jangan memberikan minuman apapun pada saat anak mengalami kejang karena minuman dapat menyebabkan cairan masuk ke dalam paru-paru. 
  4. Jika ada, berikan obat untuk meredakan kejang untuk pertolongan pertama. Obat ini biasa dimasukkan melalui dubur. Jika anak Anda pernah mengalami kejang, tanyakan pada dokter obat untuk meredakan kejang tersebut dan selalu siapkan persediaan obat di rumah. 
  5. Bawa segera ke tempat pelayanan kesehatan seperti klinik atau rumah sakit agar dapat segera ditangani.
Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan