Download Template Kalender 2024 Lengkap CDR Masehi-Hijriyah-Jawa, Lengkap Hari Libur Versi Pemerintah

Template desain kalender 2024 Lengkap CDR (CorelDraw) Masehi, Hijriyah dan Jawa bisa diedit lagi.

Kalender 2024 Lengkap – Di penghujung Tahun 2023, seperti biasa saya menyediakan template kalender versi CDR (Corel Draw) kepada yang membutuhkan. Jika Anda mencari template Kalender 2024 CDR yang bisa diedit atau dicustom, Anda berada di laman online yang tepat, karena saya sudah menyediakan.

Sudah sedari dulu saya rutin membuat template kalender CDR, namun sempat vakum di tahun 2022 dan 2023 karena alasan kesibukan. Berhubung banyak pelanggan lama yang masih menghubungi setiap akan pergantian tahun, akhirnya saya memutuskann untuk menyediakan kembali.

Kalender 2024 Lengkap ini sudah disesuaikan dengan Hari Libur Nasional 2024 dan Libur Cuti Bersama 2024 berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKM) 3 Menteri.

Seedbacklink affiliate

Daftar Hari Libur Nasional 2024 dan Cuti Bersama Tahun 2024 Resmi Pemerintah

Fitur Template Kalender 2024 Lengkap CDR

Jika Anda membeli template Kalender 2024 CDR kepada saya, Anda akan mendapatkan beberapa fitur di bawah ini, di antaranya:

1. Template Kalender 2024 Lengkap CDR Masehi, Hijriyah dan Jawa dan Non Hijriyah

img 0115
Tampilan Kelander 2024 Masehi, Hijriyah dan Jawa (tidak diijinkan mengambil gambar ini tanpa ijin atau menambahkan kredit kepada situs mastigus.com)

Memadukan 3 jenis kalender dalam satu halaman adalah hal yang disukai masyarakat. Maka Anda akan mendapatkan desain kalender ini dalam 3 jenis kalender jika membelinya dari saya.

Penyedia jasa percetakan tidak perlu repot-repot lagi untuk mendesain detail kalender karena sudah kami atasi. Jadi tinggal mendesain tampilan dan fokus pada proses percetakannya.

File sudah kami pisahkan per folder, antara Kalender yang Hijriyah dan Non Hijriyah. Jadi akan lebih mudah melakukan custom

Trigus D. Susilo

Nama-Nama Bulan dan Hari Kalender Masehi Kalender 2024 Lengkap

Berikut adalah daftar nama-nama bulan dalam kalender Masehi beserta nama-nama hari dalam bahasa Inggris:

Nama Bulan:

  1. Januari
  2. Februari
  3. Maret
  4. April
  5. Mei
  6. Juni
  7. Juli
  8. Agustus
  9. September
  10. Oktober
  11. November
  12. Desember

Nama Hari:

Seedbacklink affiliate
  1. Minggu (Sunday)
  2. Senin (Monday)
  3. Selasa (Tuesday)
  4. Rabu (Wednesday)
  5. Kamis (Thursday)
  6. Jumat (Friday)
  7. Sabtu (Saturday)

Ini adalah sistem penamaan bulan dan hari dalam kalender Masehi yang umum digunakan di banyak negara di seluruh dunia.

Nama-Nama Bulan dan Hari Kalender Hijriyah

Berikut adalah daftar nama-nama bulan dan hari dalam kalender Hijriyah (kalender Islam):

Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah:

  1. Muharram
  2. Safar
  3. Rabi’ al-Awwal (Rabi’ I)
  4. Rabi’ al-Thani (Rabi’ II)
  5. Jumada al-Awwal (Jumada I)
  6. Jumada al-Thani (Jumada II)
  7. Rajab
  8. Sha’ban
  9. Ramadan
  10. Syawal
  11. Dhu al-Qi’dah
  12. Dhu al-Hijjah

Nama Hari dalam Kalender Hijriyah:
Hari dalam kalender Hijriyah tidak memiliki nama yang khusus seperti dalam kalender Masehi. Hari-hari dalam kalender Hijriyah sering kali dikenal dengan nama-nama harinya dalam bahasa Arab, yang diurutkan sebagai berikut:

  1. Yawm as-Sabt (Sabtu)
  2. Yawm al-Ahad (Minggu)
  3. Yawm al-Ithnayn (Senin)
  4. Yawm ath-Thulatha’ (Selasa)
  5. Yawm al-Arba’a (Rabu)
  6. Yawm al-Khamis (Kamis)
  7. Yawm as-Sittah (Jumat)

Kalender Hijriyah adalah kalender lunisolar yang digunakan oleh umat Islam untuk menentukan waktu ibadah dan perayaan agama. Posisi bulan dalam kalender Hijriyah berdasarkan pengamatan hilal atau bulan sabit baru. Sebagai hasilnya, tahun-tahun dalam kalender Hijriyah memiliki jumlah hari yang bervariasi dari tahun ke tahun.

Seedbacklink affiliate

Nama-Nama Bulan dan Hari Kalender Jawa 2024 Lengkap

Kalender Jawa, yang juga dikenal sebagai “Kalender Tahunan Jawa,” memiliki nama-nama bulan dan hari yang unik. Berikut adalah daftar nama-nama bulan dalam kalender Jawa:

Nama Bulan dalam Kalender Jawa:

  1. Sura
  2. Dulkangidah
  3. Jumadilawal
  4. Jumadilakhir
  5. Rejeb
  6. Ruwah
  7. Puasa
  8. Sawal
  9. Dulkijah
  10. Besar
  11. Robi’ulawal
  12. Robi’ulakhir

Sedangkan dalam kalender Jawa, hari-hari disebut dengan angka dan diikuti dengan “Tanggal” atau “Dina,” dan biasanya dihubungkan dengan pasaran Jawa. Misalnya:

  1. Dina Pisan (Minggu)
  2. Dina Pon (Senin)
  3. Dina Wage (Selasa)
  4. Dina Kliwon (Rabu)
  5. Dina Legi (Kamis)
  6. Dina Pahing (Jumat)
  7. Dina Wage (Sabtu)

Perlu diingat bahwa sistem kalender Jawa ini memiliki perhitungan yang berbeda dari kalender Masehi dan sistem kalender lainnya. Kalender Jawa masih digunakan dalam budaya dan tradisi Jawa, terutama dalam perhitungan waktu untuk upacara adat dan keagamaan.

2. Tanggal Merah atau Hari Libur Tahun 2024 Sudah Sesuai Penetapan Pemerintah

Ini yang sangat penting, membuat kalender tanpa mengetahui rilis hari libur Tahun 2024 dari pemerintah Republik Indonesia pasti akan menjadi kacau.

Seedbacklink affiliate

Namun yang perlu Anda ingat, Anda harus tetap melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mencetak. Mengingat saya adalah manusia biasa yang tidak bisa lepas dari luput dan salah. Potensi Human Error akan tetap ada bagi setiap manusia.

Penetapan hari libur di Indonesia didasarkan pada beberapa faktor, termasuk hukum, tradisi budaya, dan keputusan pemerintah. Beberapa hari libur nasional, seperti Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, ditetapkan berdasarkan peristiwa sejarah penting. Sementara itu, hari libur agama, seperti Idul Fitri dan Natal, ditetapkan berdasarkan kalender agama.

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, biasanya mengeluarkan Keputusan Bersama tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama untuk menentukan hari-hari libur nasional dan cuti bersama setiap tahun. Selain itu, pemerintah daerah juga dapat menetapkan hari libur tambahan sesuai dengan kebijakan mereka.

Seedbacklink affiliate

Jadi, penetapan hari libur di Indonesia adalah hasil dari berbagai pertimbangan budaya, sejarah, agama, dan kebijakan pemerintah.

Template Kalender 2024 Lengkap CDR Bisa Diedit

Anda bisa melakukan editing untuk beberapa hal, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing percetakan. Anda bisa mengedit warna, font, ukuran kertas cetak dan lain-lain.

Harga Template Kalender 2024 CDR Lengkap Murah

Harga sangat murah meriah. Hubungi saya untuk tahu berapa harganya. Saya akan langsung mengirimkan folder berisi desain kalender 2024 CDR setelah melakukan Transfer ke saya.

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.