Cara Menghapus Sampah di Komputer Tanpa Aplikasi Pihak Ke-3

Para pengguna komputer didunia ini sudah tidak terhitung jumlahnya, bahkan setiap hari selalu ada komputer baru yang dibeli, ini menunjukkan bahwa komputer bukan lagi barang mewah dan menunjukkan bahwa komputer memang dapat dijadikan alat bantu pekerjaan manusia.

Baca Juga Belajar Menggunakan Windows 8

Terlepas dari itu semua, dengan berkembangnya komputer akhirnya memunculkan berbagai opsi para pemakaianya (opsi ini adalah menurut saya) dianatara adalah Pengguna Komputer (Hanya menggunakan saja), Praktisi Komputer (selain membuat juga mampu memperbaiki kerusakan) dan Pembuat komputer (jelas ini adalah produsen). nah dari ketiga opsi selalu mempunyai hubungan yang saling menguntungkan. Namun untuk orang yang hanya bisa menggunakannya saja, menurutku ada sedikit dilema dengan adanya biaya service komputer.

Seedbacklink affiliate

Tulisan ini saya tujukan untuk para pengguna saja, dimana mereka sangat jarang menyadari jika dikomputernya ada berjuta-juta sampah yang memang harus dibersihkan. ini tidak lain adalah upaya untuk menjaga komputer dari kerusakan. Logikanya, jika dirumahmu tidak melakukan bersih-bersih sampah dalam kurun waktu 1 bulan, apa jadinya kondisi rumah. belum lagi ini selama hidup (selama beli komputer sampai sekarang) tanpa melakukan bersih-bersih sampah.

Apa saja sih sampah yang ada dikmputer? jawabnya banyak, saya akan menguraikan satu persatu.

Temporary File
Menurut Finderonly.net Temporary file adalah file sementara yang disimpan windows karena sebelumnya digunakan untuk instalasi program. Jika kita membuka file rar atau zip secara langsung maka file tersebut akan diekstrak secara otomatis pada folder temp. Windows secara default tidak menghapus file-file ini maka lama kelamaan file ini akan membengkak dan menyita space hardisk.

Seedbacklink affiliate

Prefetch
Masih menurutnya Prefetch juga sama halnya seperti temporary file, hanya sifatnya prefetch digunakan untuk fetching file yang sering diakses windows.

Recycle Bin
Kalau yang ini sobat tentu tau kan, Recycle Bin mudah diakses loh. karena didekstop sudah ada. kalian pasti sering melakukan pengosongan di Recycle Bin.

Dari ketiganya tentu yang paling sering kalian temui adalah yang nomor tiga, dan itu tidak terlalu repot untuk dijelaskan. lalu bagaimana cara menghapus sampah-sampah disana? jawabannya sangat musah kok. lanjutkan membacanya.

Sebenarnya ada banyak aplikasi Utility yang diciptakan pihak ketiga untuk membantu membersihkan sampah dikomputer, namun sebenarnya kamu bisa menghapus sendiri tanpa repot-repot download file yang notabene ukurannya sangat besar. nah bagaimana caranya?

Seedbacklink affiliate

del /f /s /q %systemdrive%*.tmp
del /f /s /q %systemdrive%*._mp
del /f /s /q %systemdrive%*.gid
del /f /s /q %systemdrive%*.chk
del /f /s /q %systemdrive%*.old
del /f /s /q %systemdrive%recycled*.*
del /f /s /q %windir%*.bak
del /f /s /q %windir%prefetch*.*
rd /s /q %windir%temp & md %windir%temp
del /f /q %userprofile%cookies*.*
del /f /q %userprofile%recent*.*
del /f /s /q “%userprofile%Local SettingsTemporary Internet Files*.*”
del /f /s /q “%userprofile%Local SettingsTemp*.*”
del /f /s /q “%userprofile%recent*.*”

Kode diatas adalah kode pembersih sampah (tenang itu tidak berbahaya, saya jamin deh) untuk membuatnya bekerja kamu harus melakukan tahap ini.

  1. Copy kode diatas dan pastekan di Notepad.
  2. Berikan nama sesuai selera (contoh “pembersih sampah.bat”) dan Simpan dengan ekstensi .bat
  3. Kamu tinggal klik kanan, jalankan sebagai administrator  dan pembersihan dimulai

Mudah bukan, Geis. ketimbang kamu harus menginstal aplikasi pembersih sampah yang rata-rata premium alias berbayar, dan ternyata kamu tidak punya bisa membeli dan akhirnya membajaknya, hehe, mending pakai ini saja, lebih simpel. Ok sekian dulu sari saya semoga bermanfaat.

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan