Tips Merawat Laptop Baru Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Merawat Laptop – Saat ini laptop bukan masuk jajaran barang mewah lagi, karena nyaris setiap orang telah memiliki laptop. Apalagi bagi generasi milenial, laptop adalah salah satu alat yang  kini dianggap sebagai kebutuhan, baik untuk kebutuhan sekolah, kerja, game dan lain sebagainya.

Membeli laptop baru untuk pertama kali, tentunya menyenangkan, apalagi laptop tersebut adalah laptop impian yang dibeli dari uang hasil keringat sendiri. Saya masih ingat saat pertama kali bisa membeli laptop baru, rasanya senang sekali. Namanya baru memiliki barang impian, rasanya betah meski berlama-lama duduk di dpan laptop tersebut, dan memperlakukannya dengan sangat hati-hati.

Memperlakukan laptop baru dengan baik adalah keharusan jika menginginkan si laptop tetap awet dipakai dan tidak cepat rusak. Kesalahan dalam perawatan malah menyebabkan ia cepat rusak dan bahkan tidak bisa dipakai lagi, ini biasa terjadi bagi mereka yang belum tahu bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar.

Seedbacklink affiliate

Nah untuk kamu yang baru saya punya laptop baru dan belum tahu bagaimana merawatnya, silakan simak tips dari saya, ini adalah pengalaman saya sendiri selama bertahun-tahun.

Merawat Hardware dan Software Laptop

Hardware adalah perangkat keras, sedangkan software adalah perangkat lunak, disetiap komputer kedua komponen ini wajib ada supaya bisa berjalan normal. Ibaratnya seperti manusia, selain memiliki tubuh, manusia juga mempunyai pikiran. Tubuh diibaratkan sebagai hardware dan pikiran diumpamakan sebagai software.

Keduanya membutuhkan perawatan supaya tetap bisa berjalan dengan baik. Untuk merawat hardware kita hanya perlu menjaminnya supaya tetap bersih dan terbebas dari berbagai debu.

Membersihkan Hardware Secara Berkala

Hardware yang saya maksud di sini seperti keyboard, monitor, body, dan lain-lainnya yang intinya adalah benda yang melekat di laptop dan dapat dipegang.

Seedbacklink affiliate

Jauhkan laptop dari air dan api serta bersihkan bagian body secara berkala, ini untuk menghindari terjadinya penumpukan debu. Perhatikan pada lipatan dan lekukan, biasanya kotoran berada di sana. Kamu bisa menggunakan sikat pembersih khusus laptop dan juga cairan. Kamu bisa mendapatkannya di toko komputer.

Untuk membersihkan bagian dalamnya, jika kamu merasa tidak mampu, bisa minta bantuan pada teknisi yang mahir membongkar laptop. Ini untuk menghindari terjadi kerusakan karena salah lepas panel.

Perlu kalian ketahui bahwa, terkadang permasalahan laptop cepat panas disebabkan oleh penumpukan kotoran di bagian dalam body, terutama di bagian kipas. Saya pernah mengalami hal mengejutkan ketika membuka cashing laptop, ada banyak sekali kotoran yang menghalangi lubang kipas. Ini menjadi penyebab utama kenapa laptop saya selalu panas.

Seedbacklink affiliate

dengan membersihkan kotoran tersebut, komputer menjadi normal seperti sedia kala. Oh ya, laptop ini saya bongkar setelah 5 tahun masa pemakaian, jadi sangat wajar jika debu-debu kecil ini bertumpuk membentuk seperti kapas dan menyumbat lubang kipas.

Jangan Mengoperasikan Laptop di Atas Kasur

Larangan ini bukan tanpa alasan. Ini alasan kenapa kebanyakan teknisi mengatakan hal demikian “jangan letakkan laptop di atas tempat yang empuk lagi tidak ada space udara ketika dioperasikan“. Kipas laptop biasanya mengambil sirkulasi udara dari bawah, dan ketika yang menjadi peletakan dasar laptop adalah kasur, bantal, atau benda empuk lainnya, dikhawatirkan akan menyumbat lubang sirkulasi tersebut.
Jika ini terjadi, laptop akan kehilangan daya pendingin yang biasanya diperoleh dari udara di bawah laptop. Dan inilah alasan kenapa laptop bisa cepat panas, karena tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik.
Atau jika kamu memang hobi bekerja di kamar sambil baring-baring di kasur, lebih baik mencari pengganjal laptop yang bisa memberikan ruang udara di bawah laptop, dengan begini kamu memberikan kipas laptop bekerja secara normal.

Pakailah charger Seperlunya

Laptop baru yang terus-menerus ditancapkan pada catu daya saat dioperasikan ternyata bisa memperpendek umur baterai. Ini nyata.
Saya pernah terkena imbasnya saat memakai laptop untuk game, dan selama 2 hari kabel catu daya tidak pernah terputus. Akibatnya, baterai baru laptop menjadi drop dan tidak bisa menyimpan daya secara normal.
Nah untuk pemakaian terbaik, apabila indikator baterai sudah penuh, silakan lepas. Tancapkan kembali catu daya jika baterai sudah hampir habis. Dengan demikian, umur baterai bisa lebih panjang.

Merawat Software Laptop baru

Software yang dimaksud adalah segala aplikasi yang sudah terinstal di dalam laptop, biasanya aplikasi yang terpasang adalah Windows sebagai operating systemnya dan juga aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office. Kedua aplikasi di atas paling jamak dipakai oleh orang Indonesia.
Software perlu dirawat supaya tidak terjadi eror, ini untuk menjaga performance laptop tetap stabil dan terhindar dari virus.

Pasang Antivirus Bawaan Windows

Saya tidak pernah memasang antivirus lain selain apa yang dibuat windows, alasannya cukup simpel, yaitu, windows lebih tahu kebutuhan keamanan bagi software yang telah mereka buat, kendati ada banyak aplikasi antivirus terbaik dari pihak ketiga.
Untuk pengguna Windows 7 bisa memakai Windows Security Essentials dan untuk windows 10 bisa memakai Windows Defender. Keduanya merupakan antivirus yang masih setia menjaga laptop saya dari serangan virus dan malware.

Bersihkan Sampah-Sampah Aplikasi di Laptop

Setiap kali kita menggunakan komputer maka sistem secara otomatis membuat file yang dibutuhkan, file ini tersimpan di sistem. Untuk waktu penggunaan lama, file ini justru malah menjadi sampah, nah untuk itu pengguna perlu membersihkannya secara berkala.
Kamu bisa menggunakan cara ini untuk membersihkan sampah komputer tanpa bantuan aplikasi pihak ketika: Clean System Laptop. Atau kalian bisa memakai aplikasi ringan pihak ketiga untuk membersihkan sampah laptop.

Update Aplikasi Secara Berkala

Ikuti terus perkembangan dari aplikasi yang telah anda pasang, misalnya melakukan update windows 10, update database antivirus, update microsoft office dll. Update ini bertujuan untuk menjaga performance aplikasi supaya tetap bisa dipakai.
Nah, demikian artikel Tips Merawat Laptop Baru Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama, semoga bermanfaat.
Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan