Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mastrigus.com – Mata adalah salah satu bagian vital yang ada di tubuh kita, oleh karena itu sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan mata kita supaya tetap berfungsi dengan baik. Tanpa mata yang sehat kita tidak bisa melihat berbagai keindahan dunia dan orang yang kita sayangi dengan jelas. Lalu bagaimana mana cara menjaga mata supaya tetap sehat? Kali ini saya akan membahas cara menjaga kesehatan mata kita, mari kita simak.

Konsumsi Buah dan Sayur – Sayuran
Buah dan sayuran segar bagus sekali untuk kesehatan tubuh terutama untuk mata, karena mengandung banyak sekali vitamin yang berguna untuk menjaga mata tetap sehat. Salah satunya adalah wortel,  wortel banyak sekali mengandung beta karoten yang bagus sekali untuk mata karena dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula atau kerusakan sel pada retina mata.

Seedbacklink affiliate

Jangan Memakai Lensa Mata Lebih dari 19 Jam
Memakai lensa mata dengan durasi pemakaian yang lama dapat mengakibatkan mata tidak sehat. Juga disarankan jangan memakai kacamata terlalu lama, karena akan membuat mata tidak nyaman.

Hindari Pemakaian Tetes Mata Berlebihan
Menggunakan tetes mata untuk mengurangi kemerahan pada mata itu sah – sah saja. Namun menggunakannya terlalu sering juga sangat tidak baik untuk kesehatan mata.  Obat tetes mata sarat akan zat steroid yang jika dipakai berlebihan dapat mengakibatkan penyakit katarak.

Menggunakan Mentimun ( Timun )
Sangat disarankan menggunakan mentimun untuk mengkompress kelopak mata. Lakukannlah secara rutin sebelum tidur selama sepuluh menit. Penggunaan mentimun pada kelopak mata dapat menghindari kelopak mata membekak yang akan mengakibatkan mata merah.

Seedbacklink affiliate
Gunakan Kacamata Pelindung UV
Sangat dianjurkan menggunakan kacamata yang terpolarisasi yang dapat melindungi mata dari paparan sinar UV matahari.

Jangan Terlalu Lama Duduk Menghadap Komputer
Untuk menjaga kesehatan mata, maka hindarilah terlalu lama duduk di depan komputer. Terlalu lama menghadap layar komputer akan membuat mata lelah dan cepat berair.

Gunakan Kacamata Pada Tempatnya
Gunakanlah kacamata ketika Anda bekerja dekat dengan benda – benda berbahaya atau mengandung bahan kimia.

Hindari Membaca Dalam Cahaya Redup
Apabila Anda senang membaca, hindarilah melakukan aktivitas tersebut di dalam ruangan yang memiliki cahaya redup karena akan membuat mata Anda lelah karena dipaksa membaca dalam kondisi yang kurang baik.

Seedbacklink affiliate

Jangan Melihat Cahaya Yang terang Secara Langsung
Hindari melihat cahaya yang terang secara langsung, contohnya melihat cahaya matahari tanpa menggunakan kacamata hitam. Hal tersebut dapat membuat mata Anda rusak bahkan dapat mengalami kebutaan.

    BACA JUGA: Bahaya Menggunakan Obat Tetes Mata
    Nah itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat, sayangi kedua mata Anda supaya bisa menikmati hidup dengan maksimal bersama keluarga dan orang yang Anda sayangi, dan selalu ingat , sehat adalah kebahagiaan yang sulit dicapai jika Anda sendiri tidak mempedulikannya.

    Share your love

    Update Artikel

    Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

    Tinggalkan Balasan