Memilih Kuliah Jurusan Kesehatan Terbaik di Jawa Timur

Lantaran pekerjaan yang tersedia di masyarakat kita sangatlah banyak, maka jurusan perkuliahan juga melimpah banyaknya. Kalian pasti setidaknya memiliki dua atau tiga jurusan yang ingin dimasuki. Jurusan-jurusan yang dipilih tersebut bisa saja karena berhubungan dengan minat kalian, bakat, peluang kerja di masyarakat atau alasan personal lain.

Misalnya kalau kelak kalian ingin  menjadi tenaga medis berarti jurusan kuliah yang harus kalian bidik adalah kuliah jurusan kesehatan. Kalau ingin jadi guru, ya ngambil jurusan kuliah jurusan pendidikan.

Sebetulnya jurusan tidak harus selaras dengan bakat dan kemampuan karena dua hal tersebut bisa dimunculkan ketika sudah punya niat yang kuat untuk belajar.

Seringkali mahasiswa yang merasa tidak mampu memenuhi tujuan pembelajaran di kampus disebabkan karena malas dan tidak cocok dengan lingkungannya. Kalau sudah malas bagaimana mau mengembangkan dirinya.

Seedbacklink affiliate

Ada nasehat yang mimin ingat sewaktu kuliah bahwa kalian boleh jadi apapun, asal jangan jadi pemalas. Tetapi malas kuliah tidak selalu disebabkan hal negatif seperti kebanyakan main atau nongkrong gais. Ada yang malas karena merasa salah jurusan, sibuk berorganisasi atau fokus bekerja sambilan.

Ketika memasuki dunia kampus, pikiran mahasiswa jadi lebih bercabang sehingga keputusan-keputusan yang bisa diambil untuk kepuasan hidupnya jadi lebih beragam. Kalian harus menerima hal tersebut sebagai bagian kedewasaan.

Mimin berpesan jangan saling mencela pilihan masing-masing dan merasa pilihannya yang paling ideal. Jalan kesuksesan setiap orang berbeda. Daripada mencela lebih baik fokus untuk memberdayakan diri masing-masing dan berkompetisi secara sehat.

Seedbacklink affiliate

Selanjutnya adalah bagaimana memilih jurusan yang ideal dengan mendefinisikan pekerjaan apa yang akan digeluti nanti.
Loh min kuliah aja belum kok sudah mikirin pekerjaan?

Iya dong, memangnya kalian kuliah cuma biar nggak secepatnya mikirin kerjaan?  Woh, itu pikiran yang zonk. Kecuali kalau kalian kuliah cuma buat menghamburkan uang orang tua dan cuma untuk menggapai gengsi ya itu di luar urusan mimin ya gais.

Jadi membidik pekerjaan idaman juga sudah harus dimulai ketika SMA. Kalau kalian ingin jadi guru, ya segera cari tahu bagaimana pekerjaan yang dilakukan guru di kelas maupun kantor, gaji mereka, apa yang mereka pelajari di kampus. Kalau kalian ingin jadi tenaga medis, cari tahu jenis pekerjaan, gaji, cerita dari yang berprofesi serupa.

Seedbacklink affiliate

Setidaknya dari situ kalian mendapat gambaran real tentang pekerjaan yang ingin kalian lakukan. Cita-cita bukan cuma angan-angan di kepala yang dipakai cuma buat pajangan album sekolah, cita-cita itu diperjuangkan di kenyataan.

Apalagi jika cita-cita kalian berhubungan langsung dengan pengabdian masyarakat. Wah, ini harus diseriusi. Bekerja untuk masyarakat adalah sebaik-baiknya penghargaan untuk diri sendiri. Salah satu contoh pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pengabdian masyarakat adalah tenaga kesehatan.

Tenaga kesehatan adalah orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan baik di rumah sakit, puskesmas, apotik, lembaga farmasi, klinik atau lembaga kesehatan lain. Tenaga kesehatan yang profesional harus melewati serangkaian pendidikan formal sampai mendapat lulus dan mendapat sertifikasi negara.

Di Indonesia sendiri jumlah tenaga kesehatan sangat minim. Fenomena satu dokter bisa bekerja di dua-tiga rumah sakit sangatlah umum terjadi. Karena setiap rumah sakit tidak selalu punya dokter spesialis sendiri. Begitu juga tenaga medis lain yang jumlahnya tidak seberapa.

Seedbacklink affiliate

Padahal melayani orang sakit adalah bentuk pengabdian sosial yang bisa dilakukan sambil bekerja. Selain tentu untuk mengabdi pada negara yang level pelayanan kesehatannya masih kurang ini. Untuk kalian yang sudah kelas 12 SMA, bisa pikirkan lagi untuk bekerja sebagai tenaga medis. Tenaga medis itu juga tidak cuma dokter, gais. Perawat, bidan, apoteker.

Kuliah Jurusan Kesehatan Terbaik di Malang

Di ITSK rs dr.Soepraoen Malang menyediakan kuliah jurusan kesehatan yang lengkap dengan fasilitas perkuliahan kesehatan yang memadai. Kampus ini beralamatkan di Jl. S. Supriadi No.22, Sukun, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65147.

Di Jawa Timur sendiri ITSK RS dr.Soepraoen adalah kampus dengan kuliah kesehatan terbaik Jawa Timur.  Empat kali mendapat penghargaan dari AKU (Anugerah Kampus Unggulan) adalah bukti nyata kepopuleran dan profesionalitas dari kampus yang berada di bawah naungan TNI ini.

Seedbacklink affiliate

Biaya kuliah kesehatan kampus unggulan ini juga sangat terjangkau. Misalnya saja untuk  keperawatan hanya berkisar Rp 11.000.000-an untuk semester satu dilanjut dengan Rp 9.000.000-an untuk semester-semester berikutnya.

Sementara untuk kebidanan hanya Rp 10.000.000-an lalu dilanjut dengan sekitar Rp 7.000.000-an untuk semester lain. Harga itu belum mencakup untuk mahasiswa yang mengambil kelas karyawan. Misalnya saja kuliah farmasi untuk kelas karyawan hanya Rp 8.000.000-an untuk semester 1, lalu dilanjut Rp 6.000.000-an untuk semester berikutnya. Kuliah untuk fisioterapi hanya Rp 7.000.000-an untuk alih jenjang dan Rp 8.000.000-an untuk reguler.

Belum lagi biaya untuk jurusan-jurusan lain juga sangat terjangkau. Reguler khusus/kelas karyawan punya harga yang lebih murah lagi cocok untuk tenaga medis yang sudah bekerja dan masih ingin menimba ilmu lebih banyak lagi. Di tempat lain dengan kualitas sepadan atau lebih rendah bisa lebih mahal lagi.

Seedbacklink affiliate

Biaya kuliah segitu terbilang terjangkau untuk setingkat kampus di bawah naungan TNI-AD sebagai lembaga yang terkenal profesional dan disiplin. Apalagi fasilitas yang diberikan juga sangat sempurna yakni rumah sakit milik sendiri, gedung milik sendiri, kerjasama internasional serta beasiswa melimpah. Jika kalian tertarik kampus ITSK menyediakan 4 jalur pendaftaran yakni reguler, prestasi, KIP kuliah dan alih jenjang. Biaya pendaftaran hanya Rp 260.000.

Jadi pikirkan lagi untuk kuliah kesehatan gais. Sebagai pekerjaan yang jumlah serapan tenaga kerjanya masih sedikit, peluang untuk menjadi pegawai tetap dari pekerjaan ini sangatlah besar. Apalagi ITSK RS dr. Soepraoen juga bekerjasama dengan lembaga kesehatan luar negeri.

Waow…sabi nih jadi kampus yang masuk ceklist kamu.

Seedbacklink affiliate

Oh ya, ini mimin kasih bocoran No WA Adminnya kampus ITSK, supaya kamu langsung bisa konsultasi. Adminnya ramah banget kok, nanti kalau tidak ramah laporkan saja ke mimin, hehehe:

INFO ITSK

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan